Baru Satu Kegiatan, Penggunaan DD Tahap I Desa Giripurwa

Baru Satu Kegiatan, Penggunaan DD Tahap I Desa Giripurwa


PENAJAM -- Pengguanaan Dana Desa (DD) Tahap I tahun 2018 di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) disebut fokus untuk satu kegiatan prioritas berupa pembangunan gedung saranan olahraga.

"Untuk DD penggunaannya baru untuk satu item kegiatan prioritas yang merupakan usulan masyarakat," ujar Kepala Desa Giripurwa Fery Ari wijaya saat menerima kunjungan tim DPMPD Kaltim dalam rangka monitoring, evaluasi, dan supervisi dibeberapa kecamatan se Kabupaten PPU, Selasa (18/7).

Pembangunan gedung seluas 288 meter persegi tersebut menggunan DD tahap I sebesar Rp 600 juta dengan pola padat karya tunai sebsar 31,9 persen dari total anggaran pembangunannya.

Selanjutnya untuk menuntaskan pembangunan dilanjutkan menggunakan DD tahap II dengan menyesuaikan tahapan progres dan penggunaan DD yang ditetapkan.

"Prioritasnya untuk itu. Tapi kita juga merencanakan berbagai kegiatan menggunakan DD 2018, yakni pembangunan drainase, semenisasi jalan antar desa, dan pengembangan BUMDes," sebutnya.

Disisi lain, kepala desa yang baru menjabat sekitar enam bulan tersebut mengakatan gedung sarana olahraga nantinya diharap sekaligus menjadi gedung serbaguna. Ia berharap bisa memfasilitasi tersedianya gedung representatif bagi masyarakat yang menggelar pesta atau hajatan, karena sebagian besar masyarakat setempat masih kurang mampu dari sisi ekonomi.

Bila perlu, kata dia, gedung dikelola secara profesional di bawah kelembagaan BUMDes. Mengingat di desa mereka sudah ada BUMDes yang aktif mengembangan usaha simpan pinjam dan pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit.

"Tentunya sekalipun ada tarif, biayanya lebih murah hanya untuk kebersihan, air, dan listrik," katannya.(DPMPD Kaltim/arf)

(Berita yang sama sudah tayang di website RRI Samarinda 18 Juli 2018 dengan judul penggunaan DD tahap i desa giri purwa baru satu kegiatan)




Berita Terkait