Jajaran DPMPD Tinjau Pembangunan Semenisasi Jalan Poros Tengah Desa Sumber Sari

Jajaran DPMPD Tinjau Pembangunan Semenisasi Jalan Poros Tengah Desa Sumber Sari


KOTABANGUN -- Agenda roadshow atau kunjungan lapangan dalam rangka monitoring, evaluasi, dan supervisi Dana Desa (DD) di beberapa kecamatan se Kabupaten Kutai Kartanegara tidak hanya dimanfaatkan untuk berdiskusi di kantor desa. 

Setelah berdiskusi terkait masalah penyalurahan dan penggunaan DD, mereka mengunjungi beberapa lokasi pembangunan desa menggunakan DD tahap II. 

Di awal, rombongan yang dikomandoi Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, Riani Tisnadewi serta Kabid Pemberdayaan Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosbudmasy, Surya Dharma Herman tersebut mengunjungi pembangunan irigasi pembuangan air di Desa Kotabangun Ilir. Kemudian dilanjutkan meninjau pembangunan semenisasi jalan poros tengah Desa Sumber Sari.

"Bersyukur penyaluran DD tahap I dan II lancar. Buktinya sudah direalisasikan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," ujar Riani Tisnadewi diamini Surya Dharma Herman, Selasa (10/7).

Lebih membanggakan pelaksanaannya menggunakan pola padat karya tunai dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaksana kegiatannya. Pola pembayarannya pun dilakukan harian sehingga memungkinkan mendorong perputaran ekonomi masyarakat setempat karena ada uang yang dibelanjakan.

Sementara Kepala Desa Sumber Sari, Agus Sopian yang didampingi Kasi Kesra Eko Susamto menyebut pelaksanaan semenisasi merupakan pembangunan jalan desa yang kesebelas dilaksanakan menggunakan DD.

"Panjang jalan yang dibangun sepanjang 80 meter, lebar 5 meter, dan ketebalan 0,15 meter. Ini untuk membuka akses jalan masyarakat karena sebagai jalan poros tengah kampung," katanya.

Bila selesai dibangun artinya hanya tinggal menyisakan jalan sepanjang 82 meter yang harus disemenisasi untuk menghubungkan seluruh poros jalan tengah desa hingga kantor desa.

Sedangkan untuk menghubungkan seluruh akses jalan desa masih cukup banyak. Mengingat total keeluruhan panjang jalan desa se Desa Sumber Sari mencapai 16 kilometer, sementara yang sudah semenisasi baru sekitar 3 kilometer.

"Tahun ini kita fokus semenisasi jalan desa dan pembangunan sarana olahraha berupa lapangan volly. Untuk semenisasi jalan dilaksanakan di RT 8, 11, dan 13. Sedangkan sarana olahraga di RT 4," urainya.(DPMPD Kaltim/arf)

 




Berita Terkait