Progres Pembangunan Saluran Drainase Gang Romadhani Sudah 40 Persen

Progres Pembangunan Saluran Drainase Gang Romadhani Sudah 40 Persen


PENAJAM -- Progres pembangunan saluran drainase Gang Romadhani Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dilaksanakan dengan pola padat karya tunai menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2018 sudaj mencapai 40 persen.

Saat dikunjungi jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim yang ingin melihat pelaksanaan padat karya tunai (PKT), Kepala Desa Girimukti, Hendro Jatmiko Sormin menyebut hingga sekarang pekerja terus mengejar target pembangunan. 

"Secara umum progresnya bagus. Bisa terlihat capaian pelaksanaan pembangunannya. Dibuktikan pada beberapa sisi pengerjaan drainase hanya tinggal finising atau tahap pengacian. Meskipun masih ada yang baru proses penggalian," ujarnya saat saat menerima kunjungan tim DPMPD Kaltim dalam rangka monitoring, evaluasi, dan supervisi dibeberapa kecamatan se Kabupaten PPU, Selasa (18/7).

Ia berharap pembangunan segera selesai sehingga membantu masyarakat yang melintas jalan tersebut tanpa harus takut kebanjiran karena saluran pembuangan airnya sudah ada. Mengingat hal mendasari penetapan pembangunan drainase karena jalan tersebut merupakan buangan air dari jalan depan sehingga kerap kali banjir saat hujan.

"Nantinya kalau drainasenya sudah bagus baru secara bertahap kita bangun jalannya. Disemenisasi, jadi akses jalan masyarakat. Drainasenya dulu disiapkan sebelum meningkatkan kualitas jalannya," sebutnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut sama seperi desa sebelumnya yang dikunjungi. Sesuai ketentuan menggunakan pola padat karya tunai (PKT) dengan upah 30 persen dari nilai total kegiatan. Prioritas warga RT lokasi kegiatan dan didukung RT lain dalam wilayah Desa Girimukti.

Sedangkan secara keseluruhan penggunaan DD yang memcapai Rp 1,2 Milyar, ia mengaku sudah 60 persen karena sudah ada kegiatan yang selesai 100 persen. Sedangkan prioritas penggunaannya  selain pembangunan drainase juga untuk semenisasi jalan dan pemberdayaan masyaralat berupa pelatihan menjahit tingkat trampil.(DPMPD Kaltim/arf)

(Berita sebelumnya sudah tayang di website RRI Samarinda 18 Juli 2018 dengan judul progres pembangunan saluran drainase gang romadhani capai 40 persen)




Berita Terkait